Selasa, 28 Juni 2011

Jika Windows XP Blue Screen Atau Restart Terus


Masalah: Setelah Anda berhasil menginstalasi SP2, lalu reboot, kemudian PC menjadi hang dan menampilkan blue screen atau restart terus menerus. Sehingga Anda tidak mendapat kesempatan mengakses desktop di Windows.
Solusi: Penyebab utama yang sering dijumpai adalah driver lama atau program sistem yang tidak kompatibel. Biasanya masalah tersebut dapat diatasi dengan menonaktifkan pencegahan eksekusi program. Setelah PC dihidupkan, tekan [F8] dan pilih ‘Safe Mode’ sebagai option Start.
Setelah desktop tampil, klik kanan 'My Computer’ dan buka ‘Properties’. Pilih 'Advanced | Startup and Recovery | Settings’. Di bawah ‘System Start', klik ‘Edit’ untuk membuka file ‘boot.ini’. Ganti entri ‘/NoExecute’ dengan ‘/Execute’. Simpan perubahan, tutup editor, dan restart PC.
Perhatian: Bila PC masih terus restart setelah langkah-langkah di atas, cobalah untuk mematikan Auto-Restart. Untuk itu, boot kembali dalam ‘Safe Mode’ seperti cara di atas hingga ke ‘Settings’. Setelah itu, di bawah ‘System failure’ nonaktifkan ‘Auto-Restart’,
konfirmasi dengan ‘OK’, dan restart PC. Kini, setidaknya Anda mendapat laporan kesalahan berisi petunjuk mengenai penyebab crash. Bila itu karena driver hardware, uninstall hardware tersebut dari mode ‘Safe Mode’.
Selanjutnya, driver di-update dengan versi lebih baru yang kompatibel dengan SP2. Anda dapat memperoleh update driver dari website produsen hardware tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar