Selasa, 28 Juni 2011

Cara Mempercepat Loading Windows

Loading atau booting windows normal secara utuh kurang lebih satu menit saja. Namun jika tampilnya lebih dari 2 menit atau berhenti lama sebelum icon, start menu dan lain-lain muncul secara penuh, dimungkinan ada masalah di dalam windows.

Langkah pertama yang harus diperiksa adalah program apa saja yang berjalan ketika windows tampil.
Untuk mengetahui silakan periksa dengan tools seperti Autoruns.
Lihat pula Tab Logon terutama HKLM\Sofware\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run.
Setelah selesai, Restart Komputer, periksa kembali proses loadingnya. Jika masih mengalami keterlambatan seperti uraian diatas maka perlu pengecekan sistem dengan langkah sebagai berikut :
1. Buka Event Viewer (Control Panel - Administrative Tools - Event Viewer)
2. Setelah tampil, dari daftar di sebelah kiri pada bagian Even Viewer (Lokal) pilih System, akan ditampilkan keterangan disebelah kanan (Informations, Error dan warning)
3. Hapus pesan yang ada, dengan cara memilih menu Action - Clear All Events. Ketika muncul konfirmasi akan disimpan, klik saja yes untuk menyimpan semua pesan tersebut. Setelah daftarnya kosong, Restart Komputer
4. Ketika loading biarkan windows tampil penuh, setelah selesai, periksa kembali Event Viewer bagian System (seperti langkah diatas)
5. Lihat bagian Error atau Warning. Periksa kolom waktu, jika selisih waktu antara pesan tersebut dengan pesan di atasnya cukup jauh (mungkin lebih dari 1 atau 2 menit), maka kemungkinan permasalahannya disitu. Klik dobel untuk mengetahui masalahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar