Sabtu, 30 Juli 2011

13 Bangunan Menakjubkan dengan struktur Bambu

1. Water and Wind Cafe, Vietnam
Bangunan ini seluruhnya terbuat dari hampir 100% bambu tanpa menggunakan satu paku pun. The Water and Wind Cafe yang terletak di provinsi Binh Duong,Vietnam ini hanyalah salah satu contoh dari bangunan dari bambu yang luar biasa,yang di design oleh seorang arsitek bernama Vo Trong Nghia. Struktur kubah yang indah serta fitur lampu langit langit yang memesona,dengan hasil akhir yang mirip katedral alami. Bambu itu ditenun menggunakan teknik tenun tradisional Vietnam dan ditutupi dengan semak semak khas daerah itu.



2. Bamboo Tower,Venice, Italy
Di pinggir sungai Venesia, sebuah menara dari bambu tampaknya tumbuh secara organik selama seminggu. Dibangun untuk Venice Biennale,proyek besar dari bambu ini melibatkan sebuah menara setinggi 50 kaki yang mirip dengan sebuah sarang dengan sebuah jalan yang berbentuk spiral yang menghubungkan lantai bawah dengan puncak menara. Seniman bernama Doug dan Mike Stam mengikat bambu bambu itu dengan bantuan dari para pemanjat tebing








3. Green School, Bali
Apakah kamu pernah melihat sekolah yang seluruh nya terbuat dari bambu? Sekolah yang berada di Bali ini mempunyai hal yang tidak biasa dalam berbagai cara. Mulai dari kurikulum yang berkelanjutan dengan tingkat kebebasan yang dinikmati oleh siswa. Tapi struktur dari bangunan inilah yang sering menarik para turis turis. The Green School menggunakan bambu dikarenakan bambu itu hijau,mudah diperbaharui dan sangat berlimpah di Bali.








4. Solar - Powered Bamboo House
Sebuah rumah dari bambu yang bertenaga surya,telah dibuat oleh sebuah tim dari china dari Universitas Tongli sebagai pintu masuk resmi mereka ke dalam lomba "European Solar" yang diadakan di madrid. Bambu dipilih menjadi material utama karena sebagai sebuah sumber daya yang dapat diperbaharui












5. Bamboo House by Benjamin Garcia Saxe, Costa Rica
Arsitek yang bernama Benjamin Garcia Saxe,membuat bangunan dari bambu ini khusus untuk ibunya di Costa Rica. Rumah ini dapat menangkap semua angin yang datang,tetapi bambu dan atapnya menyudut untuk melindungi rumah ini saat hujan. Didalam,sebuah kubah berbentuk kerucut memberikan ibunya Saxe dapat melihat matahari dan bulan dengan ruangan yang dilindungi oleh atap yang terlihat seperti payung.








6. Mason Lane Farm, Goshen, Indiana
Bangunan geometris dari bambu ini bukan terletak di asia ataupun negara tropis,tetapi di tempat yang tidak terduga seperti di Goshen, Indiana. Ini menjadi rumah untuk peralatan pertanian,jerami dan barang barang lainnya. Batang bambu diletakkan membentuk seperti jeruji dan disatukan menggunakan sebuah kawat yang dilapisi seng. Menyediakan tembok yang berlubang dan membiarkan angin mengeringkan jerami.









 7. Bamboo Forest House, Taiwan




















8. Zen - Style Bamboo Prefab Home
 Mau sebuah rumah dari bambu Sebuah perusahaan bernama Bamboo Living menyediakan sebuah rumah buatan pabrik dari bambu dengan gaya modern. Rumah berbentuk minimalis dengan sebuah teras depan yang besar. Rumah ini bersertifikat ICC-ES dan telah terjual lebih dari 150 unit yang tersebar di seluruh dunia. Mereka juga dapat membuat desain khusus untuk desa dan pembangunan.








9. Origami - Inspired Bamboo Folding House Concept
Dibuat untuk tenda sementara pasca gempa. Setelah sebuah gempa di China yang menelan korban 69.000 jiwa. Ming Tang terdorong untuk membuat tenda yang murah,ramah lingkungan dan mudah di produksi.













10. Cocoon Houses, Bali
Mereka mungkin tidak menyerupai rumah-rumah yang pernah kamu lihat,tetapi struktur bambu yang vertical ini dapat menawarkan perumahan yang murah di tempat tempat susah seperti Haiti. Desain ini dibuat oleh seorang arsitek bernama Saint Val. Mengawinkan teknologi kuno dan teknologi tinggi, menggunakan tiang bambu dan logam berbentuk "X" bergabung membentuk sebuah "tulang belakang" di setiap rumah. Tangga berbentuk melingkar yang melingkari balok penyokong rumah,membawa penghuninya ke setiap lantai pada rumah itu.






11. Giant Bamboo Umbrellas at a Japanese Restaurant, Jakarta - Indonesia
Bentuk payung adalah inspirasi dasar untuk struktur bambu yang membentuk Restoran Mie Terbuka Jepang di Jakarta. Bangunan ini dirancang agar mudah dibongkar. Payung bambu saling tumpang tindih untuk menjadi satu atap besar, melindungi tamu dari sinar matahari,angin dan hujan. Air hujan dialihkan melalui 'selokan' bambu, dibuang ke dalam tanah melalui pipa di tengah-tengah bangunan.










12. Bird - Like Amphitheater, Hanoi - Vietnam
Selain membuat The Water And Wind Cafe,Vo Trong Nghia juga membuat "Bird Wing". Sebuah bangunan dari bambu yang digunakan untuk fashion show,live music,pertemuan dan acara publik lainnya. Dibuat di samping sebuah kolam,bangunan yang terinspirasi dari sayap burung ini hanya terbuat dari bambu dan tali,tanpa menggunakan logam ataupun tipe kayu lain selain bambu










13. Bamboo Manta Ray Dome, Thailand
Bisakah kau menebak binatang apa yang menjadi inspirasi bangunan ini ? Seakan terbang melewati langit, sama seperti cahaya ikan pari yang dengan lembut mengapung di bawah permukaan laut. Aktivitas anak anak dan sebuah pusat belajar di tempat beristirahat bintang 6 cocok dengan indahnya lingkungan sekitar yang subur tropis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar